Home / Berwawasan Kemasyarakatan / Soal dan Pembahasan Teori Belajar Humanistik

Soal dan Pembahasan Teori Belajar Humanistik

Teori humanistik itu teori yang di pelopori oleh Jurgen Habermas, ia adalah seorang filsuf dan sosiolog dari Jerman. Selain itu ada beberapa tokoh teori yang mendukung Teroi humanistik diantaranya yaitu, Kolb yang terkenal dengan Belajar Empat Tahap, Honey dan Mumford yang terkenal dengan Pembagian Golongan siswa, Habermas dengan Tiga Macam Tipe Belajar, serta Bloom dan Krathwohl yang terkenal dengan Taksonomi Bloom.

Berikut ini Soal, jawaban dan pembahasannya tentang teori belajar humanistik.

1. Menurut Ausbel, makna meaningful learning adalah . . .

A. Pembelajaran harus memiliki makna bagi peserta didik

B. Pembelajaran yang dilakukan harus menghubungkan antara materi yang akan dipelajari dengan pengalaman yang dimilikinya.

C. Pembelajaran hendaknya bersifat student centered

D. Pembelajaran menggunakan pendekatan yang manusiawi

Jawaban : B

Penjelasan :

Ausbel mengatakan bahwa belajar merupakan asimilasi bermakna. Materi yang dipelajari di asimilasikan dan dihubungkan dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.

2. Dibawah ini adalah pandangan Kolb tentang tahapan belajar, kecuali . . .

A. Tahap pengalaman konkret

B. Tahap eksperimentasi aktif

C. Tahap konseptualisasi

D. Tahap pengalaman abstrak

Jawaban : D

Penjelasan :

Ada empat macam tahap belajar menurut kolb yaitu Tahap pengalaman konkret, Tahap pengamatan aktif dan reflektif, Tahap konseptualisasi, Tahap eksperimentasi aktif. Sedangkan Tahap pengalaman abstrak tidak termasuk dari tahap belajar menurut teori kolb.

3. Menurut Kolb, seseorang yang sudah mulai berupaya untuk membuat abstraksi, mengembangkan konsep, hukum atau prosedur dalam belajar termasuk ke dalam tahap . . .

A. Pengalaman konkret

B. Eksperimentasi aktif

C. Konseptualisasi

D. Pengalaman abstrak

Jawaban : C

Penjelasan :

Tahap Konseptualisasi adalah tahap ketiga dari tahapan belajar menurut kolb. pada tahap ini, seseorang sudah mulai berupaya untuk membuat abstraksi, mengembangkan suatu teori, konsep atau hukum dan prosedur tentang sesuatu yang menjadi objek perhatiannya.

4. Dibawah ini adalah penggolongan orang belajar menurut Honey dan Mumford, kecuali . . .

A. Kelompok konsepsi

B. Kelompok aktifis

C. Kelompok reflektor

D. Kelompok teoris

Jawaban : A

Penjelasan :

Ada empat macam golongan / kelompok orang yang belajar menurut Honey dan Mumford yaitu, Kelompok aktifis, Kelompok reflektor , Kelompok teoris, dan kelompok pragmatis. Sedangkan kelompok konsepsi tidak termasuk golongan atau kelompok belajar dari teori Honey dan Mumford.

5. Peserta didik yang senang melibatkan diri dan berpastisipasi aktif dalam kegiatan belajar termasuk ke dalam kelompok . . .

A. Konsepsi

B. Aktifis

C. Reflektor

D. Teoris

Jawaban : B

Penjelasan :

Kelompok aktifis adalah salah satu dari golongan orang belajar menurut Honey dan Mumford. Pada kelompok ini, mereka senang melibatkan diri dan berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan dengan tujuan untuk memperoleh pengalaman – pengalaman baru.

6. Peserta didik yang kritis, suka menganalisis, selalu berpikir rasional dalam kegiatan belajar termasuk ke dalam kelompok . . .

A. Konsepsi

B. Aktifis

C. Reflektor

D. Teoris

Jawaban : D

Penjelasan :

Kelompok teoris adalah salah satu golongan orang belajar menurut Honey dan Mumford. Pada kelompok ini memiliki kecenderungan yang sangat kritis, suka menganalisis, selalu berpikir rasional dengan menggunakan penalarannya.

7. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali . . .

A. Belajar teknis

B. Belajar praktis

C. Belajar aktif

D. Belajar emansipatoris

Jawaban : C

Penjelasan :

ada tiga tipe belajar menurut Habermas yaitu, Belajar teknis, Belajar praktis, dan Belajar emansipatoris. Sedangkan Belajar aktif tidak termasuk kedalam tipe belajar menurut teori Habermas.

8. Ciri khas pembelajaran dengan pendekatan teori humanistik adalah anak diajak berpikir secara . . .

A. Induktif

B. Deduktif

C. Koordinatif

D. Komprehensif

Jawaban : A

Penjelasan :

Didalam teori belajar humanistik cenderung mengarahkan siswa untuk berpikir induktif, mementingkan pengalaman, serta membutuhkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar.

Semoga soal dan jawaban serta pembahasan tentang Teori Humanistik yang saya tulis bisa bermanfaat untuk anda dan bisa menjadikan sebagai wawasan kita dalam pembelajaran peserta didik.

About Abu Abdillah

Semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat :)

Tinggalkan Balasan