Home / Penddidikan Kewarganegaraan / Pengertian Wasantara Sejarah, Tujuan dan Fungsinya

Pengertian Wasantara Sejarah, Tujuan dan Fungsinya

Tahukah kamu mengapa bangsa indonesia bisa seperti sekarang, bersatu walau banyak perbedaan ? karena bangsa indonesia memiliki mindset atau pandangan yaitu wasantara. wah apa itu wasantara ? seperti apa sih sejarah wasantara itu ? dan bagaimana kita memahami wasantara ? baiklah saya akan memberikan penjelasan dan sejarah, tujuan dan fungsi wasantara terhadap bangsa indonesia.

Wasantara (Wawasan Nusantara) adalah cara pandang bangsa indonesia terhadap diri dan lingkungannya sesuai pancasila dan UUD 1945.

Wasantara lebih mengarah kepada kesatuan wilayah serta menghargai kebhinnekaan atau toleransi terhadap perbedaan setiap bangsa indonesia

Sejarah Terciptanya Wasantara

sejarah wasantara dipengaruhi oleh beberapa aspek diantaranya, Aspek pancasila, aspek sejarah, aspek kewilayahan, dan aspek sosial budaya. berikut ini akan saya jelaskan satu demi satu dari keempat aspek diatas.

Aspek Falsafah pancasila

Berikut ini beberapa butir falsafah pancasila yang mempengaruhi terciptanya wasantara yaitu :

  1. Penerapan adanya Hak Asasi Manusia (HAM), seperti memberikan kebebasan kepada orang untuk menjalankan ibadahnya sesuai agama masing-masing
  2. Mengutamakan masyarakat daripada individu dan golongan
  3. Mengambil keputusan dengan cara musyawarah untuk mufakat

Aspek Sejarah

Salah satu hal yang melatarbelakangi wasantara tercipta yaitu indonesia mempunyai sejarah kelam. Dulu indonesia di jajah oleh para penjajah karena tidak ada persatuan dan kesatuan diantara beribu pulau di nusantara bertebaran di lautan. Tentu ini sangat sulit untuk dipersatukan. Namun karena semangat nasionalisme lah indonesia bisa bersatu seperti sekarang.

Aspek Geopolitik / Kewilayahan

Indonesia terdiri dari 17.508 pulau dan semuanya bertebaran di lautan terpisah-pisah, dari yang terkecil hingga terbesar.  setiap pulau di indonesia terpisah oleh laut. Dari banyaknya pulau, indonesia kaya akan aneka sumber daya manusia (SDM) dan suku bangsa. Dulu itu batas kewilayahan laut yang diterapkan hanya 3 mil dari garis pantai, sehingga hal ini menjadikan indonesia (Nusantara) menjadi pulau-pulau yang setiap pulaunya dibatasi oleh laut yang wilayahnya selebar 3 mil.

Tentu hal ini menjadi problematika bangsa indonesia, karena bangsa lain akan bebas menjelajah wilayah laut dan berlalu lalang melewati indonesia, hal ini menjadi ancaman besar. Dari sinilah bangsa indonesia berjuang di kancah internasional agar kewilayahan indonesia diakui oleh negara lain, maka dari perjuangan bangsa indonesia itulah batas wilayah laut menjadi selebar 12 mil. Sehingga indonesia yang tadinya hanya terdiri dari pulau-pulau yang dibatasi lautan, menjadi negara kepulauan yang setiap wilayah laut bukan menjadi pemisah, tetapi menjadi penghubung antara satu pulau dengan pulau lainnya.

Selain itu pemerintah indonesia mengeluarkan pengumuman pada tahun 1980 yaitu ZEE (Zone Ekonomi Ekslusif) selebar 200 mil dari garis dasar. Zona Ekonomi Eklusif adalah zona yang luasnya 200 mil laut dari garis dasar pantai, yang mana dalam zona tersebut sebuah negara pantai mempunyai hak atas kekayaan alam di dalamnya, dan berhak menggunakan kebijakan hukumnya, kebebasan bernavigasi, terbang di atasnya, ataupun melakukan penanaman kabel dan pipa.

Bukan hanya wilayah darat dan lautan, bangsa indonesia juga memperjuangkan batas udara yang tidak berhak di masuki oleh bangsa lain.

Perjuangan bangsa indonesia untuk memperoleh pengakuan “ asas nusantara “ yang memunculkan konsep negara kepulauan (Archipelagic state) memakan cukup lama dan mengalami kendala. Tetapi dengan semangat nasionalisme bangsa indonesia mampu mewujudkan nusantara menjadi negara indonesia seperti sekarang.

Aspek Sosial Budaya

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa indonesia mempunyai banyak budaya yang terdiri dari suku bangsa, adat istiadat, menganut 5 agama besar didunia serta kepercayaan yang berbeda-beda. Dan jika budaya sosial ini tidak disatukan, maka akan menimbulkan konflik, hal ini akan menjadi ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa indonesia.

Tujuan Wasantara

Wasantara sebagai wawasan nasional bertujuan untuk persatuan dan kesatuan yang harmonis dalam segenap aspek kehidupan bangsa, dalam upaya mewujudkan kesejahteraan dan ketenteraman bagi bangsa indonesia, serta mewujudkan kebahagiaan dan perdamaian bagi seluruh umat manusia di dunia.

Tujuan Wawasan nusantara ada dua yaitu :

  1. Tujuan nasional, dapat dilihat dalam Pembukaan UUD 1945, dijelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah “untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial”.
  2. Tujuan ke dalam, adalah mewujudkan kesatuan segenap aspek kehidupan baik alamiah maupun sosial, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan bangsa Indonesia adalah menjunjung tinggi kepentingan nasional, serta kepentingan kawasan untuk menyelenggarakan dan membina kesejahteraan, kedamaian dan budi luhur serta martabat manusia di seluruh dunia.

Fungsi wasantara

  • Wawasan nusantara sebagai konsepsi ketahanan nasional, yaitu wawasan nusantara dijadikan konsep dalam pembangunan nasional, pertahanan keamanan, dan kewilayahan.
  • Wawasan nusantara sebagai wawasan pembangunan mempunyai cakupan kesatuan politik, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial dan ekonomi, kesatuan sosial dan politik, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.
  • Wawasan nusantara sebagai wawasan pertahanan dan keamanan negara merupakan pandangan geopolitik Indonesia dalam lingkup tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara.
  • Wawasan nusantara sebagai wawasan kewilayahan, sehingga berfungsi dalam pembatasan negara, agar tidak terjadi sengketa dengan negara tetangga.

Kesimpulannya yaitu, wasantara atau yang disebut wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa indonesia terhadap diri dan lingkungannya sesuai pandangan pancasila dan UUD 1945. wasantara berhubungan dengan persatuan dan kesatuan. Dari sejarah dan perjuangan bangsa indonesia untuk mempersatukan bangsanya sendiri, wilayah dan kebudayaannya maka terciptalah wasantara sebagai dasar pandangan bangsa indonesia.

 

Catatan kaki :
Wikipedia Indonesia, 2017. “Wawasan Nusantara”. [Online]. Tersedia : https://id.wikipedia.org/wiki/Wawasan_Nusantara/. Diakses pada tanggal 07 November 2017

Amin, Ijtihad, Zainul. 2017. Pendidikan Kewarganegaraan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

About Abu Abdillah

Semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat :)

Lihat Juga

Pasal tentang HAM

Pasal-Pasal yang Berhubungan dengan HAM

HAM (Hak Asasi Manusia) adalah seperangkat hak dasar yang diberikan oleh tuhan yang maha esa …

Tinggalkan Balasan