Home / Sosiologi / Pengertian Sosialisasi, Tujuan dan Fungsi Sosialisasi
Pengertian Sosialisasi, Tujuan dan Fungsi Sosialisasi

Pengertian Sosialisasi, Tujuan dan Fungsi Sosialisasi

Sosialisasi tanpa sadar selalu kita lakukan ketika ingin mengenal sesuatu entah itu ketika dirumah, di masyarakat sekitar atau ditempat masyarakat yang kebiasannya berbeda dengan kita sendiri.

Tanpa kita mengenal aturan dan kebiasaan di masyarakat, akan kah kita diterima oleh masyarakat? tentu tidak. maka dari itu kita diharuskan untuk bersosialisasi dengan masyarakat tersebut.

Lalu sosialisasi itu apa?

Saya akan membahas sosialisasi dengan beberapa bagian diantaranya, pengertian sosialisasi secara umum dan sempit, pengertian sosialisasi menurut para ahli, tujuan dan fungsi sosialisasi, semuanya akan saya bahas secara rinci dan terstruktur. Mari simak penjelasannya berikut ini

Pengertian Sosialisasi

Sosialisasi secara umum adalah proses belajar seorang individu dalam mengenal kebiasaan, nilai sosial, norma – norma dan aturan yang berlaku di masyarakat agar individu tersebut bisa diterima dan diakui oleh masyarkat sekitar.

Sedangkan sosialisasi dalam arti sempit yaitu proses seorang individu dalam mengenal lingkungannya.

Pengertian Sosialisasi menurut para ahli

Ada 25 para ahli yang sudah memberikan pengertian tentang sosialisasi diantaranya yaitu,

1. Soerjono Soekanto

Sosialisasi adalah proses sosial tempat seorang individu mendapatkan pembentukan sikap untuk berperilaku yang sesuai dengan perilaku orang-orang di sekitarnya.

2. Broom & Selznic

Sosialisasi adalah proses membangun atau menanamkan nilai-nilai kelompok pada diri seseorang.

3. Peter L. Berger

Sosialisasi ialah proses pada seorang anak yang sedang belajar menjadi anggota masyarakat. Adapun yang dipelajarinya ialah peranan pola hidup dalam masyarakat yang sesuai dengan nilai dan norma-norma maupun kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat.

4. Stewart

Sosialisasi adalah proses memperoleh kepercayaan, sikap, nilai, dan kebiasaan dalam kebudayaannya.

5. Charlotte Buhler

Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri terhadap bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berpikir kelompoknya, agar ia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.

6. Horton dan Hunt

Sosialisasi adalah proses dimana seseorang menginternalisasikan norma-norma kelompok tempat ia hidup sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik.

7. Koentjaraningrat

Sosialisasi adalah seluruh proses di mana seorang individu sejak masa kanak-kanak sampai dewasa, berkembang, berhubungan, mengenal, dan menyesuaikan diri dengan individu-individu lain yang hidup dalam masyarakat sekitarnya.

8. Karel J.Veeger

Sosialisasi adalah suatu proses belajar mengajar.

9. Irvin L. Child

Sosialisasi adalah segenap proses yang menuntut individu mengembangkan potensi tingkah laku aktualnya yang diyakini kebenarannya dan telah menjadi kebiasaan serta sesuai dengan standar dari kelompoknya.

10. Robert M.Z. Lawang

Sosialisasi adalah proses mempelajari norma, nilai, peran, dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.

11. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sosialisasi artinya suatu proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya.

12. Ritcher JR

Sosialisasi adalah proses seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlakukannya agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa dan sekaligus sebagai pemeran aktif dalam suatu kedudukan atau peranan tertentu di masyarakat.

13. Bruce J. Cohen

Sosialisasi adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota.

14. Giddens

Sosialisasi sebagai sebuah proses yang terjadi ketikaseorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melalui tahap demi tahap sampai akhirnya menjadi pribadi yang sadar akan dirinya sendiri pribadi yang berpengetahuan dan terampil akan cara hidupnya dalam kebudayaan tempat ia tinggal.

15. Paul B. Horton

Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.

16. Prof. Dr. Nasution, S.H.

Sosialisasi adalah proses membimbing individu ke dalam dunia sosial (sebagai warga masyarakat yang dewasa).

17. WrightWright

Sosialisasi sebagai proses ketika individu mendapatkan kebudayaan kelompoknya dan menginternalisasikan (sampai tingkat tertentu) norma-norma sosialnya, sehingga membimbing orang itu untuk memperhitungkan harapan-harapan orang lain.

18. Sukandar Wiraatmaja

Sosialisasi adalah proses belajar mulai bayi untuk mengenal dan memperoleh sikap, pengertian, gagasan dan pola tingkah laku yang disetujui oleh masyarakat.

19. Edward Shils

Sosialisasi adalah proses sosial yang dijalankan seseorang atau sepanjang umur yang perlu dilalui seorang individu untuk menjadi seorang anggota kelompok dan masyarakatnya melalui pembelajaran kebudayaan dari kelompok dan masyarakat itu.

20. Jack Levin dan James L. Spates

Sosialisasi adalah proses pewarisan dan pelembagaan kebudayaan ke dalam kepribadian individu.

21. Nursal Luth

Sosialisasi adalah suatu proses ketika individu menerima dan menyesuaikan diri dengan masyarakat.

22. John C. Macionis

Sosialisasi adalah pengalaman sosial seumur hidup di mana individu dapat mengembangkan potensinya dan mempelajari pola-pola kehidupan.

23. David Gaslin

Sosialisasi merupakan proses belajar yang dialami seseorang untuk memperoleh pengetahuan tentang nilai dan norma-norma agar ia dapat berpartisipasi sebagai anggota kelompok masyarakat.

24. James W Vander Zanden

Sosialisasi merupakan suatu proses interkasi sosial dimana orang memperoleh pengetahuan, nilai, sikap dan perilaku esensial untuk berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat.

25. David B Brinkerhoft Dan Lynn K White

Sosialisasi merupakan suatu proses belajar peran, status dan nilai yang diperlukan untyuk partisipasinya dalam institusi sosial.

Dari pengertian diatas bisa kita simpulkan bahwa agar seseorang dapat diterima dalam lingkungannya, ia harus terlebih dahulu bersosialisasi yaitu dengan bergaul sehingga bisa tercipta sebuah kehidupan. Proses sosialisasi dilakukan manusia seumur hidupnya yaitu dari saat ia lahir sampai ia meninggal.

Contohnya, Seorang anak ketika ia lahir akan bersosialisasi pertama kali dari keluarganya terlebih dahulu. Proses sosialisasinya akan semakin luas ketika ia beranjak dewasa sampai ia meninggal.

Contoh yang lain, semisal kamu hidup dalam masyarakat yang berbeda suku, agar kamu bisa hidup dengan mereka, maka yang harus kamu lakukan agar kamu diterima oleh masyarakat itu adalah dengan mengenal mereka, yaitu mengenal tentang aturan yang mereka buat, norma – norma yang mereka tentukan serta kebiasaan apa yang mereka sering lakukan. Maka proses tersebut itu yang dinamakan sosialisasi

Dengan bersosialisasi seseorang akan dapat mengenal lingkungan, kebiasaan, norma dan aturan di masyarakat sekitarnya sehingga ia akan mudah menyesuaikan diri dan diterima oleh masyarakat sekitar. ia akan berusaha meningkatkan potensi kemampuannya demi kepentingan masyarakat agar dipercayai dan dibutuhkan. Jadi sosialisasi itu adalah sebuah prosesnya ketika ia mencoba mengenal dan bergaul dengan lingkungannya.

Tujuan Sosialisasi

Tujuan sosialisasi adalah hal yang mendasari seorang individu untuk mengenal, menyesuaikan diri dan bergaul dengan lingkungannya. Diantara tujuan sosialisasi yaitu,

  • Untuk mengetahui norma – norma dan aturan yang ada di masyarakat agar individu dapat melangsungkan kehidupan ditengah – tengah masyarakat dimana individu tersebut sebagai anggota masyarakat
  • Agar individu tersebut terbiasa dengan kebudayaan tempat ia tinggal agar individu tersebut terbiasa dengan nilai norma dan kebiasaan yang berlaku di masyarakat.
  • Untuk melatih berbagai pengendalian organik dengan melakukan intropeksi diri atau mawas diri yang sesuai.
  • Mengembangkan komunikasi antara individu dengan masyarakat secara efektif dan efisien serta mengembangkan kemampunnya seperti membaca, menulis, dan lain-lain

Fungsi Sosialisasi

Fungsi sosialisasi adalah hasil proses yang dilakukan seorang individu dalam mengenal, menyesuaikan diri dan bergaul dengan lingkungannya. Diantara fungsi sosialisasi yaitu,

  • Menyesuaikan diri dengan norma dan kebiasaan yang berlaku dimasyarakat
  • Menjaga nilai sosial dan budaya dimasyarakat
  • Mempelajari sesuatu norma yang berlaku di suatu kelompok masyarakat
  • Mampu mengenal kehidupan masyarakat sekitar
  • Mengetahui dan menjalankan perannya sendiri didalam masyarakat
  • Mengetahui peran setiap anggota dalam masyarakat
  • Kemampuannya selalu dilatih demi kepentingan masyarakat.
  • Membangun hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar
  • Bekerjasama dan bermusyawarah dengan masyarakat sekitar.

About Abu Abdillah

Semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat :)

Tinggalkan Balasan