Home / Olahraga dan Kesehatan / Pengertian Senam, Jenis-Jenis & Manfaat Senam

Pengertian Senam, Jenis-Jenis & Manfaat Senam

Senam termasuk kedalam aktivitas olahraga yang sangat memiliki manfaat yang sangat besar dalam kesehatan dan kebugaran. Senam biasanya dilakukan disekolah-sekolah maupun di masyarakat, seperti senam yang diiringi dengan irama, senam pagi, senam aerobik, senam lantai dan sebagainya. Lalu maksud senam itu apa dan apa saja jenis senam yang sering dilakukan untuk sehari-hari maupun untuk pertandingan.

Pengertian Senam

Senam adalah gerakan tubuh yang disengaja, dipilih dan disusun membentuk gerakan tertentu untuk meningkatkan pengembangan diri dan daya tahan tubuh, kekuatan, kelentukan, kelincahan, koordinasi, dan kontrol tubuh sehingga tercipta sesuai kebutuhan dan tujuan.

Senam berasal dari kata bahasa yunani yaitu gymnos yang artinya telanjang, sedangkan senam yang jika diterjemahkan kedalam bahasa inggris disebut gymnastics dan dalam bahasa belanda disebut gymnastiek.

Mengapa kok telanjang ?

Karena dulu orang yunani melakukan senam dengan telanjang agar leluasa dalam bergerak, mereka melakukannya disuatu tempat yang disebut gymnasium dan hanya kaum pria saja yang diperuntukan melakukan senam, karena senam dulu untuk meningkatkan fisik dan kemiliteran, tentu saja seorang prajurit harus memiliki kapasitas fisik yang memadai, maka dijadikanlah senam sebagai latihan fisik mereka.

Namun semakin berjalannya waktu fungsi senam pun berubah dari sifat aslinya. sekarang senam bukan hanya untuk kemiliteran, tetapi senam berfungsi untuk kebugaran jasmani yaitu dengan meningkatkan pengembangan diri dan daya tahan tubuh, kekuatan, kelentukan, kelincahan, koordinasi, dan kontrol tubuh.

Bukan hanya itu, senam sekarang bisa diikuti oleh siapa saja baik laki-laki maupun perempuan untuk kebugaran jasmani, hingga senam pun masuk dalam pendidikan yang berbentuk pendidikan jasmani.

Jenis-Jenis Senam

1. Senam Artistik (Artistic Gymnastics)

Senam artistik adalah senam perpaduan antara aspek tumbeling dan akrobatik dengan mengontrol gerakan dengan kesempurnaan pergerakan secara cepat, seimbang dan fleksibel sehingga menciptakan efek gerakan yang indah.

Terdapat cabang senam artistik antara senam untuk putra dan putri.

Senam Artistik untuk putra diantaranya,

  • Senam lantai (Floor Exercise)
  • Kuda Pelana (Pommel horse)
  • Gelang-gelang (Rings)
  • Kuda Lompat (Vaulting Horse)
  • Palang Sejajar (Parallel Bars)
  • Palang Tunggal (Horizontal Bars);

Senam artistik untuk putri diantaranya,

  • Kuda Lompat (Vaulting Horse)
  • Palang Bertingkat (Uneven Bars)
  • Balok Keseimbangan (Balance Beam)
  • Lantai (Floor Exercises).

2. Senam ritmik sportif (sportive rhythmic gymnastics)

Senam ritmik sportif adalah senam yang yang menghasilkan gerakan seperti tarian yang diiringi musik dengan mengkombinasikan alat-alat seperti bola (ball), pita (ribbon), tali (rope), simpai (hoop), dan gada (clubs). Senam ritmik sportif dikembangkan dari senam irama sehingga senam ini dapat dipertandingkan.

3. Senam Akrobatik (acrobatic gymnastics)

Senam akrobatik adalah senam yang menghasilkan gerakan ketangkasan seperti gerakan salto, menari sambil berputar dan jatuh ditempat yang sulit, jungkir balik dan sebagainya yang berhubungan dengan kesulitan. Senam akrobatik membutuhkan keseimbangan, fleksibel, dan ketenangan, karena jika ada kesalahan maka akan berakibat fatal. Penampilan senam akrobatik bisa dilakukan oleh seorang, atau berpasangan, dan bisa juga oleh banyak orang.

4. Senam Trampolin (trampolinning)

Senam trampolin adalah senam yang dilakukan diatas trampolin. Trampolin adalah alat yang memanfaatkan pantulan yang terbuat dari kain yang kencang dan direnggangkan di kerangka besi yang berbentuk bulat atau pun segi empat. Dengan senam ditrampolin, pesenam akan memanfaatkan gaya pantulan untuk menciptakan gerakan  akrobat dan artistik sehingga terlihat indah.

5. Senam Umum (general gymnastics)

Senam umum adalah senam yang isinya tidak termasuk dari keempat senam diatas, artinya senam umum dilakukan secara bebas. Senam yang termasuk umum seperti senam aerobik, senam pagi, Senam kesegaran jasmani (SKJ), senam wanita dan lain-lain.

Manfaat Senam

  • Dapat memelihara kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Menciptakan kepuasan dalam bergerak sesuai keinginan
  • Menciptakan keseimbangan antara jasmani dan rohani
  • Melatih otot jantung
  • Melancarkan pembuluh darah
  • Kemampuan paru-paru dalam bernapas akan meningkat
  • Menghasilkan kekuatan, kelentukan, dan daya tahan pada otot
  • Tulang akan semakin kuat dan padat
  • Kemampuan persendian dan tulang rawan semakin kuat sehingga terhindar dari cedera ataupun sakit

 

 

Referensi :

Mardiana, Ade. Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Tangerang selatan: Universitas Terbuka, 2017. Hal 3.3.
Manfaat senam bagi kesehatan.pdf
Sejarah dan pengertian senam.pdf

About Abu Abdillah

Semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat :)

Tinggalkan Balasan