Home / Bahasa Indonesia / Pengertian Kritik & Cara Menyampaikan Kritikan Yang Baik

Pengertian Kritik & Cara Menyampaikan Kritikan Yang Baik

Pernahkah kita mendengar ketidaksetujuan seseorang terhadap pendapat seseorang baik itu di forum diskusi atau forum debat semisal Indonesia Lawyers Club (ILC) ? nah biasanya jika tidak setuju, dia akan menanggapinya dengan menyampaikan pendapatnya tersebut ke orang yang dia tidak setujui dengan mengemukakan berbagai alasan ketidaksetujuannya. Kejadian itu salah satu bentuk kritikan terhadap sebuah pendapat.

Pengertian Kritik

Kritik adalah memberikan tanggapan atau penilaian tentang kekurangan dan kelemahan serta pertimbangan baik dan buruk terhadap suatu hal, karya, pendapat atau objek.

Kritik bertujuan untuk membangun kekurangan dan kelemahan dari suatu informasi, karya atau pokok permasalahan.

Orang yang mengkritik suatu informasi secara jeli, detail dan objektif berarti ia memiliki sifat kritis terhadap sesuatu.

Kritik yang baik bukanlah kritik yang hanya memberikan kecaman atau tanggapan semata, tetapi kritik yang baik itu dengan memberikan tanggapan tersebut disertai dengan alasan-alasan yang logis dan pemecahan persoalannya. Artinya untuk memberikan kritik itu harus membangun terhadap apa yang kita kritik.

Misal yang kita kritik adalah media masa seperti pendapat seseorang baik itu dikoran, diforum diskusi, diblog seperti penulis ini, ataupun di situs-situs informasi lainnya; maka yang harus kita lakukan adalah menyampaikan kritikan kita dengan apa telah saya sebutkan diatas.

Hal Yang Perlu Diperhatikan saat Memberikan Kritik

Sikap dalam memberikan kritik pada suatu hal atau sebuah informasi adalah dengan memperhatikan sikap berikut ini.

  1. Objektif, dalam mengkritik harus sesuai permasalahan dan apa adanya sesuai fakta yang ada.
  2. Tidak Emosional, dalam menyampaikan kritik harus bersikap tenang dan tidak emosional terhadap ketidaksetujuan.
  3. Tidak berat sebelah, dalam mengkritik harus bersikap adil dan tidak berpihak pada suatu tekanan dari orang lain, tetapi sesuai fakta yang ada.
  4. Didasari Rasa Hormat, dalam mengkritik tidak menurunkan rasa hormat kita pada karya atau pendapat yang dikritik.

Cara Memberikan Kritik Yang Baik

Berikut ini langkah untuk memberi kritikan terhadap suatu hal, karya, pendapat atau objek.

  1. Mendata Informasi, yaitu dengan mengklasifikasikan atau menggolongkan sumber informasi yang diperoleh.
  2. Menentukan pokok-pokok permasalahan untuk dikritisi, permasalahan yang menarik itu yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat umum. Dalam menentukan pokok-pokok permasalahan, kita bisa menggunakan rumus 5W+1H.
  3. Memberikan Kritikan atau Masukan Yang membangun. Dalam memberikan kritik harus disertai alasan yang sesuai permasalahan, logis, dan membangun terhadap apa yang dikritik.

Tugas Kritikan

Untuk melatih kamu dalam memberikan kritik terhadap informasi, silahkan berikan kritikan atau tanggapan terhadap berita informasi dibawah ini dan tuliskan dikolom komentar ya.

Halau Dampak Negatif Internet

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengajak organisasi lintas agama dan masyarakat untuk berkomitmen melindungi anak dari dampak negatif internet.

Komisioner bidang pornografi dan kriminal siber KPAI, Margaret Aliyatul Maimunah mengatakan, komitmen ini diperlukan mengingat internet yang dampaknya seperti dua sisi mata uang, ada yang positif, ada pula yang negatif.

“Dampak negatifnya ini yang bisa mengancam anak-anak generasi muda bangsa,” kata Margaret di Jakarta, Selasa (13/2).

Dalam sebuah acara diskusi itu, pembicara lainnya, Stephen Balkam yang merupakan CEO dari Family Online Safety Institute mengatakan, untuk melindungi anak dari dampak negatif internet perlu peran serta dari keluarga dengan membangun komunikasi yang baik antara orang tua dengan anak dalam penggunaan Internet.

“Di samping itu, perlu juga adanya komitmen antara anak dan orang tua dalam pengaturan waktu penggunaan Internet, dan tentu semuanya harus dibarengi dengan literasi digital,” kata dia. (sumber : elshinta.com)

About Abu Abdillah

Semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat :)

Lihat Juga

Pengertian Esai, Ciri, Jenis, Struktur, Langkah Pembuatan & Contoh Esai

Esai seringkali kita temukan dalam sebuah majalah pendidikan, dalam artikel atau pun kabar berita, dan …

Tinggalkan Balasan