Home / IPS / Pengertian KPU Bersifat Nasional, Tetap dan Mandiri

Pengertian KPU Bersifat Nasional, Tetap dan Mandiri

Kita sering melakukan pemilihan calon anggota DPR, DPD, Gubernur atau bupati setiap waktu ketika masa jabatannya berakhir, pemilihan ini dinamakan Pemilu atau pemilihan umum. Tahukah kamu siapa yang menyelenggarakan Pemilu ? ya, yang menyelenggarakannya adalah sebuah lembaga negara yang bernama KPU atau Komisi Pemilihan Umum.

Pengertian dan Arti KPU (Komisi Pemilihan Umum) Bersifat Nasional, Tetap dan Mandiri

KPU (Komisi Pemilihan Umum) adalah lembaga yang bertugas dan bertanggung jawab untuk menyelenggarakan pemilihan umum atau pemilu yang dilakukan setiap 5 tahun sekali artinya KPU bertugas ketika tiba waktu suatu masa jabatan seperti DPR, DPD, DPRD, Presiden dan Wakil Presiden berakhir dan akan diganti.

KPU memiliki 3 (tiga) sifat diantaranya bersifat Nasional, Tetap dan Mandiri.

KPU bersifat Nasional artinya KPU memiliki tugas dan tanggung jawab yang hal tersebut mencakup seluruh wilayah indonesia, artinya jika disebagian atau seluruh wilayah indonesia menyelenggarakan pemilihan umum, maka sudah tugas KPU untuk menyelenggarakannya.

KPU bersifat Tetap artinya KPU dalam menjalankan tugasnya secara berkesinambungan walaupun dibatasi masa jabatan tertentu, atau bisa kita katakan KPU selalu dilakukan setiap waktunya kapan masa jabatan tertentu akan diganti.

KPU bersifat Mandiri artinya KPU dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya bebas dari pengaruh pihak manapun, atau bersifat netral sehingga tidak ada yang namanya korupsi kolusi dan nepotisme dalam lembaga ini.

About Abu Abdillah

Semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat :)

Lihat Juga

Klasifikasi Perjanjian internasional

Klasifikasi Perjanjian Internasional

Perjanjian internasional suatu bentuk ikatan antar negara, dan organisasi internasional, untuk mewujudkan suatu tujuan bersama …

Tinggalkan Balasan