Home / Penddidikan Kewarganegaraan / Pengertian Hak Budget, Hak Inisiatif dan Hak Angket Sebagai Hak yang Dimiliki DPR
hak dpr

Pengertian Hak Budget, Hak Inisiatif dan Hak Angket Sebagai Hak yang Dimiliki DPR

Seperti yang sudah kita ketahui, sebagai lembaga negara dalam menjalankan tugas dan fungsinya haruslah memiliki hak agar tugas dan fungsinya bisa berjalan dengan teratur. seperti DPR. DPR adalah lembaga perwakilan rakyat yang memiliki banyak hak untuk menjalankan tugas dan fungsinya. Diantara salah tiga hak yang dimiliki oleh DPR yaitu Hak Badget, Hak inisiatif, dan Hak angket. ketiga hak tersebut terdapat pada bidang fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

Disini kita akan mengetahui apa yang dimaksud dengan Hak budget, hak inisiatif dan hak angket. maka dari itu saya akan memberikan pengertian dan penjelasannya agar kamu dapat mengerti tentang ketiga hak yang dimiliki DPR tersebut.

Berikut ini Pengertian Hak Budget, Hak Inisiatif dan Hak Angket sebagai hak yang dimiliki oleh DPR

Hak Budget

Hak budget adalah Hak DPR untuk menyetujui atau menolak Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) yang diusulkan oleh presiden. Apabila rancangan undang-undang tersebut tidak disetujui oleh DPR, maka pemerintah akan menggunakan APBN tahun lalu. Hak budget ini ada sebagai hak untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam bidang anggaran.

Hak Inisiatif

Hak inisiatif adalah Hak DPR untuk memberikan usul tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) atau Rancangan Peraturan undang-undang Daerah (Raperda) kepada Pemerintah. Ketika ada Rancangan undang-undang yang diajukan oleh presiden atau DPD, maka DPR akan membahas Rancangan tersebut dengan Presiden ataupun DPD dan menetapkannya secara bersama-sama. Hak inisiatif dimiliki oleh DPR sebagai hak untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam bidang legislasi.

Hak Angket

Hak angket adalah hak DPR untuk menyelidiki pelaksanaan undang-undang atau kebijakan pemerintah yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang mana undang-undang atau kebijakan tersebut penting dan strategis serta dapat berdampak luas kepada kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

Apabila undang-undang atau kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tidak sesuai atau melanggar hukum yang berlaku, maka DPR akan menyelidiki perkembangan kebijakan tersebut dan menindak lanjut agar lebih jelas, transparan dan mempersoalkan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah apakah sudah sesuai dengan hukum dan norma yang berlaku dimasyarakat. Hak angket dimiliki oleh DPR sebagai hak untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam bidang pengawasan.

About Abu Abdillah

Semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat :)

Lihat Juga

Klasifikasi Perjanjian internasional

Klasifikasi Perjanjian Internasional

Perjanjian internasional suatu bentuk ikatan antar negara, dan organisasi internasional, untuk mewujudkan suatu tujuan bersama …

Tinggalkan Balasan