Home / Penddidikan Kewarganegaraan / Pengertian Globalisasi, Dampak dan Penyebab Globalisasi

Pengertian Globalisasi, Dampak dan Penyebab Globalisasi

Tahukah kamu bahwa kita sekarang hidup di era globalisasi yang mana hal ini didominasi oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Mungkin diantara kita pernah mendengar kata Globalisasi entah itu pada pelajaran sekolah, media cetak atau berita-berita dan situs di internet sering kali kita menemukan kata globalisasi sehingga hal ini tidak asing di telinga. Namun sekedar tahu kata saja seperti ada sesuatu yang kurang. kita harus mengenal dan paham apa itu globalisasi, dampak dari globalisasi pada kehidupan serta apa penyebab dari globalisasi yang terus meningkat sekarang ini, sehingga kita mampu bersiap dalam menghadapi era globalisasi.

Pengertian Globalisasi

Globalisasi berasal dari kata bahasa inggris yaitu Globalization, gabungan dari kata Global dan lization. yang mana Global artinya Dunia atau Mendunia dan Lization artinya proses. Jika di artikan semuanya Globalization yaitu proses yang mendunia.

Globalisasi adalah proses pertukaran informasi dunia melalui media elektronik maupun cetak seperti pandangan, produk, pemikiran, aspek-aspek dan kebudayaan dimana seseorang tidak lagi terikat oleh wilayah ataupun negara untuk memperoleh informasi tersebut.

Jika mengacu pada pengertian diatas bisa kita simpulkan bahwa globalisasi yaitu proses pertukaran atau penyebaran informasi dunia dari berbagai aspek kehidupan tanpa terikat wilayah atau negara melalui media elektronik maupun cetak.

Kemajuan infrastruktur seperti teknologi dan komunikasi menyebabkan globalisasi semakin menguat dan sulit untuk di tolak sehingga menyebabkan negara satu dengan negara lainnya saling ketergantungan dalam hal informasi dan komunikasi.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

  1. Selo Soemardjan, globalisasi merupakan sebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.
  2. Achmad Suparman, globalisasi yaitu suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.
  3. Laurence E. Rothernberg, globalisasi ialah percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.
  4. Princenton N. Lyman, Globalisasi adalah perkembangan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara- Negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.
  5. Thomas L. Friedman,Ā Globalisasi mempunyai dimensi idiologi dan teknologi, dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.
  6. Malcom Waters, globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.
  7. Martin Albrow, globalisasi adalah seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.
  8. Emanuel Ritcher, globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.
  9. Anthony Giddens, globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara kejadian yang terjadi dilokasi yang satu dengan yang lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.
  10. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan, Globalisasi adalah proses yang meliputi penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.
  11. Scholte, Globalisasi adalah berkembangnya hubungan internasional. Dalam hal ini setiap Negara tetap mempertahankan identitas masing-masing, tetapi menjadi semakin ketergantungan satu dengan yang lain.

Faktor Penyebab Globalisasi

Globalisasi terjadi karena beberapa faktor yang menyebabkan proses globalisasi terus meningkat diantaranya :

  1. Perkembangan teknologi informasi berperan dalam menjalin komunikasi antar negara untuk bekerjasama dan transaksi ekonomi.
  2. Kemajuan teknologi transportasi memudahkan dalam mengirim barang dan jasa antar wilayah.
  3. Kerjasama ekonomi antar negara.
  4. Sumber daya alam yang semakin berkurang dalam suatu wilayah sehingga membutuhkan wilayah lain.
  5. Konflik dan peperangan sehingga menimbulkan perhatian setiap negara.

Dampak Globalisasi

Pada kehidupan kita Globalisasi mempunyai dampak positif dan dampak negatif, jika dampak positif bisa menguntungkan sedangkan dampak negatif sebaliknya yaitu bisa merugikan.

Dampak Positif Globalisasi

Berikut ini dampak positif dari globalisasi :

  1. Teknologi informasi berkembang sangat cepat
  2. Mudah dalam memperoleh kebutuhan
  3. Mudah dalam mengembangkan ilmu pengetahuan
  4. Mudah dalam memperoleh informasi
  5. Menumbuhkan sikap cosmopolitan dan toleran
  6. Memacu diri untuk meningkatkan kualitas
  7. Mudah dalam melakukan perjalanan transportasi
  8. Hubungan satu negara dengan negara lain sangat baik
  9. Mudah dalam melakukan transaksi jual beli
  10. Mudah dalam hal komunikasi
  11. Meningkatkan hubungan dalam sektor ekonomi

Dampak Negatif Globalisasi

Berikut ini dampak negatif dari globalisasi :

  1. Meningkatnya tindakan kriminalitas dan kejahatan
  2. Terjadinya kesenjangan sosial
  3. Masuknya paham sesat yang dapat menimbulkan konflik dalam masyarakat
  4. Informasi yang tidak tersaring
  5. Muncul sikap individualisme
  6. Menjadikan masyarakat bersifat imitatif
  7. Masyarakat menjadi konsumtif dan tidak produktif
  8. Terjadinya urbanisasi
  9. Masuknya kebudayaan luar yang dapat merusak kebudayaan lokal
  10. Banyak warga negara yang berganti kewarganegaraan karena tidak puas dengan negaranya sendiri
  11. Sikap nasionalisme semakin memudar karena bertambah pengetahuan tentang negara lain sehingga memunculkan rasa iri dan membandingkan negaranya dengan negara lain.
  12. Mudahnya seseorang terkontiminasi dengan budaya luar yang tidak sesuai sehingga merusak moral
  13. Perusahaan dalam negeri sulit berkembang karena adanya persaingan perusahaan luar negeri

Kesimpulannya, globalisasi adalah sebuah proses dalam pertukaran informasi dari berbagai belahan dunia secara bebas tanpa terikat wilayah. globalisasi memang sangat menguntungkan dari segi ekonomi dan kerjasama antar negara. namun disamping itu globalisasi juga bisa berdampak buruk bagi masyarakat bangsa. Yang perlu kita lakukan adalah tetap menyikapi globalisasi dengan cara mawas diri dan menjaga nasionalisme, kebudayaan dan moral agar tetap terjaga dengan baik.

About Abu Abdillah

Blogger, Muslim Marketer, Bookworm Cyclist Strong, Computer User, #PedagangMuslim ^__^

Lihat Juga

penjajahan di indonesia oleh negara lain

Faktor Timbulnya Penjajahan di Indonesia

Indonesia pernah dijajah oleh portugis, spanyol, inggris, belanda dan jepang. Seperti yang kita ketahui bahwa …

Tinggalkan Balasan