Home / Profesi Keguruan / Kode Etik & Ikrar Guru Indonesia, Pedoman Dalam Mengajar
Kode Etik & Ikrar Guru Indonesia

Kode Etik & Ikrar Guru Indonesia, Pedoman Dalam Mengajar

Setiap profesi memiliki kode etik sebagai pedoman untuk bersikap, bertingkah laku dan berbuat pada saat ia bekerja atau tidak bekerja.

Sama halnya dengan guru. Pekerjaan guru juga adalah pekerjaan profesi yang membutuhkan kemampuan dalam mengajar, membimbing dan bersikap kepada peserta didik serta masyarakat sehingga ia bisa di akui sebagai guru yang professional.

Untuk menunjang keprofessionalan guru dalam bekerja, maka ia dibekali kode etik yang mengatur dan sebagai pedoman agar pekerjaan yang ia lakukan tidak menyimpang dari jalur yang semestinya.

Disini ada 9 kode etik guru dan 5 ikrar guru yang harus diketahui dan dijadikan pedoman oleh para guru di Indonesia.

Lalu apa perbedaan kode etik guru dengan ikrar guru?

Kode etik guru adalah pedoman, aturan dan tata cara bagaimana untuk menjadi guru yang professional, sedangkan ikrar adalah janji guru untuk melaksanakan kode etik yang diemban.

Jadi ada keterkaitan antara kode etik dengan ikrar sehingga dengan melaksanakan dan menepati ikrar maka anda sebagai guru telah melaksanakan kode etik. Sedangkan jika sudah melaksanakan kode etik berarti anda sudah berusaha untuk menjadi guru yang professional yang siap untuk mencerdaskan setiap bangsa di Indonesia.

Berikut ini Kode Etik Guru Indonesia dan Ikrar Guru Indonesia :

Kode Etik Guru

  1. Guru berbakti membimbing peserta didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan dan berjiwa Pancasila.
  2. Guru memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan peserta didik masing-masing.
  3. Guru berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik sebagai bahan melakukan bimbingan dan pembinaan, tetapi menghindarkan diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
  4. Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik-baiknya bagi kepentingan peserta didik.
  5. Guru memelihara hubungan dengan masyarakat di sekitar sekolahnya maupun masyarakat yang luas untuk kepentingan pendidikan.
  6. Guru secara pribadi dan bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya.
  7. Guru menciptakan dan memelihara hubungan antar sesama guru baik berdasarkan lingkungan maupun di dalam hubungan keseluruhan.
  8. Guru secara bersama-sama memelihara, membina dan meningkatkan mutu organisasi PGRI sebagai sarana perjuangan dan pengabdiannya.
  9. Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan.

Ikrar Guru

  1. Kami Guru Indonesia, adalah insan pendidik Bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Kami Guru Indonesia adalah pengemban dan pelaksana cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pembela dan pengamal Pancasila yang setia kepada Undang-Undang Dasar 1945.
  3. Kami Guru Indonesia bertekad bulat mewujudkan tujuan Nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
  4. Kami Guru Indonesia, bersatu dalam wadah organisasi perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia, membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak kekeluargaan.
  5. Kami Guru Indonesia, menjunjung tinggi Kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap Bangsa dan Negara serta kemanusiaan.

Saya juga menyediakan file pdf kode etik dan ikrar guru yang bisa anda download agar anda bisa menyimpan dan membukanya tanpa memakai internet. Download KODE ETIK & IKRAR GURU.PDF

About Abu Abdillah

Blogger, Muslim Marketer, Bookworm Cyclist Strong, Computer User, #PedagangMuslim ^__^

Tinggalkan Balasan