Home / Penddidikan Kewarganegaraan / Faktor Timbulnya Penjajahan di Indonesia
penjajahan di indonesia oleh negara lain

Faktor Timbulnya Penjajahan di Indonesia

Indonesia pernah dijajah oleh portugis, spanyol, inggris, belanda dan jepang. Seperti yang kita ketahui bahwa penjajahan yang paling lama diIndonesia yaitu ketika dijajah oleh Belanda. Berapa lama? sekitar 3,5 abad atau 350 tahun.

Selain itu jepang juga menjajah selama 3,5 tahun, waktunya sebentar karena jepang pada saat itu kalah perang dengan sekutu. Walaupun sebentar namun efeknya besar. Banyak orang mati karena sistem romusha dan tanam paksa yang diterapkan oleh kolonial jepang.

Yang ingin kita ketahui, apa faktor indonesia sampai dijajah oleh negara-negara lain. Mengapa banyak negara lain yang ingin memperebutkan Indonesia seperti halnya belanda dengan jepang dalam hal memperebutkan kedudukannya diindonesia?

Faktor-Faktor Negara Lain Menjajah Indonesia

Faktor penjajahan diindonesia bisa disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal seperti kondisi politik, ekonomi, dan sosial budaya di Indonesia yang membuat negara lain melakukan perdagangan kemudian berusaha menguasai perdagangan dengan memonopoli perdagangan.

Peta Asia Masa Penjajahan
Peta Asia Masa Penjajahan. By Câmara [Public domain], Via Wikimedia Commons

Sedangkan faktor eksternal seperti kondisi didunia barat yang menyebabkan mereka berkeliling menjelajah dunia untuk mencari dan menemukan rempah-rempah serta berdagang yang akhirnya tercipta sebuah pemikiran untuk menguasai perdagangan dengan melakukan imperialisme dan kolonialisme di wilayah Indonesia. Diantara kedua faktor diatas saya akan jabarkan lebih dalam lagi, berikut diantaranya.

Faktor Eksternal

a. Berkembangnya kembali keyakinan ajaran copernicus bahwa bumi itu bulat sehingga apabila seseorang berlayar ke arah barat maka ia akan kembali ke titik semula.

b. Berlangsungnya zaman Renaissance di Eropa. Kala itu pada abad pertengahan pemikiran penduduk dunia barat didominasi oleh gereja. Setiap kegiatan dan pemikiran yang tidak sesuai dengan gereja akan ditindak. Seperti halnya Copernicus ia berpendapat melaui teori tata surya yang menyebutkan bahwa matahari adalah pusatnya tata surya. Karena pemikirannya tidak sesuai gereja maka ia pun dibunuh.

Lahirlah zaman renaissance dimana pada zaman ini banyak gerakan yang berpikir untuk bebas dari kekangan apapun termasuk aturan gereja sehingga terciptalah banyak penemuan-penemuan oleh ilmuan seperti kompas, peta bumi, kapal dan penggunaan mesiu.

c. Berkembangnya kekuasaan islam semenjak jatuhnya perdagangan dan ibu kota romawi yakni konstatinopel ke tangan islam. Akibat jatuhnya konstatinopel ke tangan islam menyebabkan jalur perdagangan antara eropa dan asia tertutup karena dikuasai oleh kerajaan islam.

Akibat tertutupnya jalur perdagangan penghasil rempah-rempah maka harga pun melambung tinggi di eropa sehingga hal ini membuat para pedagang eropa berusaha mencari jalan lain untuk berdagang yaitu dengan cara berlayar melalui jalur laut karena jika melalui jalur darat harus melalui arah timur tengah yang sudah dikuasai oleh bangsa islam. Mereka berlayar ke arah barat dan ke arah timur untuk mencari daerah penghasil rempah-rempah salah satunya yakni Indonesia.

Jatuhnya konstatinopel juga memicu lahirnya zaman renaissance dan dimulainya penjelajahan dunia dan mencari dunia baru yang menghasilkan rempah-rempah

d. Adanya Reconquesta atau semangat perang salib yaitu semangat dalam menaklukan bangsa yang telah sebelumnya mengalahkan mereka (orang islam). Sehingga hal ini membuat portugis mengelilingi dunia untuk memerangi orang islam dengan merebut jalur perdagangan dan menguasai pusat-pusat perdagangan islam.

e. Ambisi untuk menemukan wilayah baru dalam rangka mengemban tugas mencari kekayaan (Gold), kejayaan (Glory), dan menyebarkan agama nasrani (Gospel)

f. Adanya perjanjian Tordessilas. Perjanjian Tordessilas adalah perjanjian dua negara yaitu spanyol dan portugis untuk membagi wilayah kekuasaan diluar wilayah eropa. Perjanjian ini dibuat ketika portugis ingin mencari rempah-rempah diwilayah lain ternyata pada saat itu ada bangsa spanyol yang melakukan hal yang sama dengan bangsa protugis, maka disini terjadi persaingan antar dua bangsa. 

Karena kedua bangsa tersebut penganut gereja katolik yang setia, maka Paus Alexander VI dari pihak gereja turut ikut campur untuk memberikan pendapatnya tentang persaingan ini yaitu dengan membuat perintah kepada portugis agar mau berbagi wilayah dengan memberikan hak kuasa atas wilayah timur yang ditemui oleh spanyol dan memperluas pengaruh mereka.

Namun hal ini menimbulkan ketidakpuasan terhadap portugis, maka dibuatlah perjanjian Tordessilas yang ditandatangani oleh pihak gereja dengan membagi wilayah dua belahan dunia antara portugis melakukan ekspansi kewilayah timur sedangkan spanyol kewilayah barat. Setelah itu Bangsa portugis melakukan pelayarannya menuju belahan timur sehingga bangsa pertama kali menemukan daratan nusantara yaitu bangsa portugis

Perjanjian tordessilas juga menjadi awal mula terbentuknya tujuan untuk mencari kekayaan (Gold), kejayaan (Glory), dan menyebarkan agama nasrani (Gospel) keseluruh dunia sehingga hal ini menyebabkan imperialisme dan kolonialisme.

Faktor Internal

a. Adanya kontak hubungan perdagangan. Sebelumnya Setiap bangsa dari wilayah lain  berdagang ke wilayah timur untuk mencari rempah-rempah salah satunya ke wilayah nusantara (Indonesia).

Seperti halnya seorang pedagang yang tidak memiliki prasangka negatif sehingga rakyat nusantara menerima dengan tangan terbuka kedatangan para pedagang tersebut.

Namun ternyata hal ini dimanfaatkan oleh para pedagang untuk menguasai perdagangan salah satunya dengan mengadu domba antar kerajaan di nusantara dengan memihak salah satu kerajaan yang tujuannya untuk meminta imbalan dengan memonopoli perdagangan sehingga para pedagang mendapat keuntungan yang besar dan merugikan rakya nusantara (indonesia) karena monopoli ini bersifat pemaksaan, jika tidak maka akan disiksa.

b. Nusantara wilayah penghasil rempah-rempah terbesar. Hal ini juga menjadi penyebab wilayah nusantara menjadi tujuan utama bangsa eropa untuk berdagang dan lambat laun mereka ingin menguasai perdagangan dan menciptakan imperialisme dan kolonialisme..

c. Tidak adanya persatuan antara kerajaan satu dengan kerajaan lain di Indonesia. Hal ini membuat para penjajah mudah untuk memecah belah antar kerajaan di Nusantara dengan cara mengadu domba dan memihak salah satu kerajaan.


Glosarium

Kolonialisme atau penjajahan adalah usaha negara lain untuk menguasai rakyat dan sumber daya dari wilayah lain demi kepentingan pribadi.

Imperialisme adalah kebijakan negara besar untuk memegang kendali atas suatu wilayah agar negara tersebut bisa menduduki dan mengembangkan kekuasaannya diwilayah tersebut.

Tordessilas adalah surat perjanjian antar dua bangsa yaitu portugis dan spanyol untuk membagi dua wilayah pelayaran antara timur dan barat.

Gold, Glory dan Gospel adalah prinsip 3G penjelajahan dunia untuk mencari kekayaan (Gold), kejayaan (Glory), dan menyebarkan agama nasrani (Gospel)

Zaman Renaissance adalah zaman dimulainya kebebasan dalam berpikir pada bangsa eropa setelah pemikiran mereka dibelenggu oleh doktrin gereja, sehingga terciptalah berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi.

About Abu Abdillah

Blogger, Muslim Marketer, Bookworm Cyclist Strong, Computer User, #PedagangMuslim ^__^

Lihat Juga

Pengertian Jabodetabek yang Memiliki 5 Nama Kota dan Megapolitan Terbesar di Indonesia

Pengertian Jabodetabek Yang Memiliki 5 Nama Kota dan Megapolitan Terbesar di Indonesia

Jabodetabek “Ongkir gratis khusus jabodetabek ya” atau “khusus jabodetabek pengiriman akan diantar oleh kurir kami …

Tinggalkan Balasan