Home / UUD 1945 / Bunyi UUD 1945 Pasal 28H Ayat 1, 2, 3, 4 dan Penjelasannya
UUD 1945 amandemen I-IV

Bunyi UUD 1945 Pasal 28H Ayat 1, 2, 3, 4 dan Penjelasannya

Diperbarui Tanggal 8 November 2019 Jam 10:06 pm

Pasal 28H adalah pasal yang berhubungan dengan HAM dan memuat 7 hak asasi manusia yang dilindungi oleh undang-undang Negara Republik Indonesia.

Pasal 28H terdapat dalam UUD 1945 BAB XA Tentang Hak Asasi Manusia.

Dalam masa amandemen UUD 1945 I-IV, Bab XA dan keempat ayat pada pasal 28H sudah mendapat dua kali perubahan.

Pasal 28H yang saya bagikan adalah pasal yang terdapat dalam UUD 1945 yang sudah mengalami masa amandemen ke I, II, III, IV sehingga dapat digunakan sebagai referensi untuk masa sekarang.

Bunyi UUD 1945 Pasal 28H Tentang Hak Asasi Manusia

BAB XA HAK ASASI MANUSIA **)

Pasal 28H

Ayat 1 **)
Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

loading...

Ayat 2 **)
Setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan.

Ayat 3 **)
Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat.

Ayat 4 **)
Setiap orang berhak mempunyai hak milik pribadi dan hak milik tersebut tidak boleh diambil alih secara sewenang-wenang oleh siapapun.

Keterangan :
Tanda pada Perubahan atau Amandemen UUD 1945 yakni dengan di beri tanda bintang : * pada BAB, Pasal dan Ayat Seperti :

  • Perubahan Pertama : *)
  • Perubahan Kedua : **)
  • Perbuahan Ketiga : ***)
  • Perubahan Keempat : ****)

Penjelasan Pasal 28H Ayat 1
Pasal 28H Ayat 1 menjelaskan bahwa negara Indonesia melindungi hak asasi manusia diantaranya:

Pertama, Setiap orang berhak untuk memiliki Kehidupan sejahtera lahir dan batin, yaitu kehidupan yang aman, penuh rasa damai baik dari sisi fisik maupun jiwa. Bebas dari ancaman yang membuatnya tidak merasa aman.

Kedua, Setiap orang berhak memiliki tempat tinggal, yaitu mendirikan rumah yang layak untuk tempat tinggal dirinya, istrinya, dan anak-anaknya. Setiap orang berhak untuk tinggal dimanapun yang menyediakan tempat tinggal seperti apartemen, hotel, perumahan dan semacamnya.

Ketiga, Setiap orang berhak memiliki lingkungan hidup yang baik dan sehat, artinya lingkungan tempat tinggal mereka harus bebas dari penyakit, bau-bauan, dan sesuatu yang mengganggu kenyamanan hidup. Salah satunya dengan membuat petugas kebersihan. Adanya petugas yang membasmi sarang nyamuk agar tidak ada penyakit malaria. Adanya petugas untuk membersihkan sampah yang menggenang disungai-sungai. Adanya petugas yang membersihkan lingkungan dari hal-hal yang menggangu.

Keempat, setiap orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan, artinya jika ada sesuatu yang menggangu di lingkungan rumah seperti jentik nyamuk, maka boleh ia meminta petugas kebersihan untuk membasmi sarang nyamuk untuk mencegah penyakit malaria. Jika seseorang terkena penyakit atau pun kecelakaan, maka ia berhak untuk mendapat pengobatan dari dokter, puskesmas, atau rumah sakit.

Penjelasan Pasal 28H Ayat 2
Pasal 28H ayat 2 menjelaskan bahwa negara Indonesia melindungi hak asasi manusia, salah satunya :

Setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus, misalnya setiap orang baik individu atau pun kelompok bisa meminta perlakuan khusus kepada pemerintah untuk membantu mereka keluar dari kemiskinan dan keterbelakangan. Seseorang berhak mendapat kemudahan untuk memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah. Hal ini agar setiap rakyat Indonesia memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan.

Penjelasan Pasal 28H Ayat 3
Pasal 28H ayat 3 menjelaskan bahwa negara Indonesia melindungi hak asasi manusia, salah satunya :

Setiap orang berhak atas jaminan sosial, yaitu bentuk perlindungan yang diselenggarakan pemerintah untuk menjamin warganegaranya memenuhi kebutuhan hidupnya, dan lain-lain. Misalnya seperti Program bantuan sosial untuk masyarakat miskin atau yang terkena penyakit dan lainnya, Program asuransi sosial, Jaminan hari tua, Jaminan kesehatan dan lainnya. Bentuk perlindungan tersebut memungkinkan pengembangan warganegara secara utuh sebagai manusia yang bermartabat.

Penjelasan Pasal 28H Ayat 4
Pasal 28H ayat 4 menjelaskan bahwa negara Indonesia melindungi hak asasi manusia, salah satunya :

Setiap orang berhak mempunyai hak milik pribadi, yaitu hak untuk mengambil manfaat dari benda yang dimilikinya, seperti makanan, harta, rumah, kendaraan dan benda manfaat lainnya.. Dan orang lain tidak boleh mengambil benda milik seseorang secara paksa. Jika ada orang yang mengambilnya tanpa seizin dari orang yang memilikinya, maka orang tersebut akan dikategorikan sebagai pencuri dan akan dihukum oleh pihak yang berwajib sesuai undang-undang.

Inti Pokok Pasal 28H

Ada 7 hak asasi manusia dalam pasal 28H yang dilindungi undang-undang Negara Republik Indonesia, diantaranya :

  1. Kehidupan sejahtera lahir dan batin (ayat 1)
  2. Tempat tinggal (ayat 1)
  3. Lingkungan hidup yang baik dan sehat (ayat 1)
  4. Pelayanan kesehatan (ayat 1)
  5. Kemudahan dan perlakuan khusus (ayat 2)
  6. Jaminan sosial (ayat 3)
  7. Hak milik pribadi (ayat 4)

Lihat juga daftar pasal yang mengatur tentang hak asasi manusia:

About Abu Abdillah

Semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat :)

Tinggalkan Balasan