Home / UUD 1945 / Bunyi UUD 1945 Pasal 28C Ayat 1, 2 dan Penjelasannya
UUD 1945 amandemen I-IV

Bunyi UUD 1945 Pasal 28C Ayat 1, 2 dan Penjelasannya

Pasal 28C adalah pasal yang berhubungan dengan peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia dengan memberikan hak atas kebutuhan dasar, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya serta memperjuangkan hak orang lain.

Pasal 28C terdapat dalam UUD 1945 BAB XA Tentang Hak Asasi Manusia.

Dalam masa amandemen UUD 1945 I-IV, Bab XA dan kedua ayat pada pasal 28C sudah mendapat dua kali perubahan.

Pasal 28C yang saya bagikan adalah pasal yang terdapat dalam UUD 1945 yang sudah mengalami masa amandemen ke I, II, III, IV sehingga dapat digunakan sebagai referensi untuk masa sekarang.

Berikut ini Bunyi UUD 1945 Pasal 28C Tentang Hak Asasi Manusia

BAB XA HAK ASASI MANUSIA **)

Pasal 28C

Ayat 1 **)
Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.

Ayat 2 **)
Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa, dan negaranya.

Keterangan :
Tanda pada Perubahan atau Amandemen UUD 1945 yakni dengan di beri tanda bintang : * pada BAB, Pasal dan Ayat Seperti :

  • Perubahan Pertama : *)
  • Perubahan Kedua : **)
  • Perbuahan Ketiga : ***)
  • Perubahan Keempat : ****)

Penjelasan Pasal 28C Ayat 1
Pasal 28C ayat 1 menjelaskan bahwa negara menjamin kelangsungan hidup manusia melalui pemenuhan kebutuhan dasar seperti makan dan minum, aktualisasi diri, penghargaan, kasih sayang, rasa aman, dan kebutuhan dasar lainnya.

Negara juga menjamin agar rakyatnya mendapatkan pendidikan yang layak.

Salah satu penerapan dari ayat 1 tentang jaminan pendidikan, negara Indonesia mewajibkan pendidikan selama 9 tahun dengan 6 tahun di SD dan 3 tahun di SMP dan semua biaya ditanggung negara alias gratis. Rakyat juga bisa meneruskan pendidikannya ke jenjang SMA sampai Perguruan tinggi.

Biasanya pada jenjang SMA, negara akan mensubidi biaya sehingga biaya di SMA pun menjadi terjangkau bagi rakyat kurang mampu. Masih banyak dukungan negara terhadap pendidikan seperti beasiswa, dan program pendidikan gratis lainnya.

Setelah mendapatkan pendidikan, manusia berhak memperoleh dan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang didapatkannya, baik itu dari pendidikan formal maupun informal dan mereka berhak untuk menggunakan teknologi seperti internet, komputer, dan handphone untuk menunjang pendidikan dan kebutuhan lainnya.

Rakyat diberi kebebasan untuk mengaktualisasi diri melalui kesenian dan kebudayaan sesuai dengan kelompoknya sendiri bahka mereka berhak untuk memelihara dan mempertahankannya. Dan negara diwajibkan untuk memelihara dan mempertahankan seni dan budaya bangsa di dalam negaranya sendiri. Semua ini bertujuan demi meningkatkan kualitas hidup dan demi kesejahteraan bangsanya.

Penjelasan Pasal 28C Ayat 2
Pasal 28C ayat 2 menjelaskan bahwa setiap orang diberi kebebasan dalam memperjuangkan haknya bersama dengan hak orang lain (kolektif) untuk membangun masyarakat, bangsa dan negaranya.

Salah satunya yaitu dengan memajukan/menjadikan dirinya menjadi seorang guru atau dosen untuk mendidik masyarakat untuk menghilangkan kebodohan. Menjadi atlet dengan mengikuti perlombaan antar negara untuk mengharumkan bangsa dan negerinya. Menjadi Pengacara untuk membela seseorang dari perkara hukum atau pun Menjadi relawan atau donator untuk membantu masyarakat.

Jadi, maksud dari memperjuangkan haknya secara kolektif yaitu selain seseorang memperjuangkan haknya sendiri untuk menjadi seorang guru, atlet, pengacara, insinyur, relawan atau profesi lainnya; secara tidak langsung orang itu sudah memperjuangkan hak orang lain untuk mendapatkan pendidikan, kesejahteraan, dan kebahagiaan untuk membangun dan memajukan masyarakat, bangsa dan negaranya.

Inti Pokok dari Pasal 28C

Negara Indonesia memberikan kebebasan hak kepada rakyatnya untuk:

  1. Mendapatkan kebutuhan dasar
  2. Mendapatkan Pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Kelangsungan kesenian dan kebudayaan di masyarakat
  4. Memperjuangkan hak dirinya dan hak orang lain

Lihat juga pasal lain yang mengatur tentang hak asasi manusia:

Kamu wajib tau!

Hak disini memiliki pengertian bahwa seseorang diberikan kebebasan melakukan sesuatu tanpa melanggar hukum yang berlaku dinegaranya.

Seseorang yang memperjuangkan haknya tidak boleh melanggar hak orang lain, maka disinilah manfaat adanya hukum.

Dengan memperbaiki hidup diri sendiri, kita telah memiliki kesempatan untuk memperbaiki hidup orang lain, baik itu melalui pendidikan, kepedulian dan pemberian.

About Abu Abdillah

Blogger, Muslim Marketer, Bookworm Cyclist Strong, Computer User, #PedagangMuslim ^__^

Lihat Juga

UUD 1945 amandemen I-IV

Bunyi UUD 1945 Pasal 28D Ayat 1, 2, 3, 4 dan Penjelasannya

Pasal 28D adalah pasal yang mengatur tentang hak manusia dalam hal hukum, pekerjaan, pemerintahan dan …

Tinggalkan Balasan