Home / UUD 1945 / Bunyi UUD 1945 Pasal 25A dan Penjelasannya
UUD 1945 amandemen I-IV

Bunyi UUD 1945 Pasal 25A dan Penjelasannya

Undang Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 25A Tentang Wilayah Negara.

Pasal 25A menjelaskan tentang Wilayah Negara Kepulauan Republik Indonesia dimana wilayahnya tersebut mencakup antara sabang sampai meraouke, dan dalam pasal ini terdapat undang-undang yang mengatur batas dan hak wilayah Indonesia.

Pasal 25A terdapat dalam UUD 1945 BAB IXA Tentang Wilayah Negara.

Dalam masa amandemen UUD 1945 I-IV Bab pada pasal 25A sudah mendapat perubahan sebanyak dua kali, dan pasal 25A juga sudah mendapat perubahan sebanyak empat kali, sedangkan pada teks pasal 25A sudah mendapat perubahan sebanyak dua kali.

Pasal 25A yang saya bagikan adalah pasal yang terdapat dalam kitab UUD 1945 yang sudah mengalami masa amandemen ke I, II, III dan IV sehingga dapat digunakan sebagai referensi untuk masa sekarang.

Berikut ini Bunyi UUD 1945 Pasal 25A Tentang Wilayah Negara

BAB IXA WILAYAH NEGARA **)

Pasal 25A ****)

Negara kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara  kepulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang. **)

Penjelasan Pasal 25A
Pasal 25A menjelaskan bahwa Negara indonesia adalah negara kepulauan yang artinya negara tersebut memiliki dan mencakup berbagai macam banyak pulau dan keberagaman suku, adat istiadat dan kebudayaan yang semua hal tersebut berada pada satu wilayah yaitu Negara Republik Indonesia. Pulau-pulau yang berjajar dari sabang sampai meraoke dan keberagamannya disebut Nusantara, maka Indonesia disebut negara yang berciri Nusantara. Walau pulaunya terpisah oleh lautan, namun wilayahnya tidak terbatas pada pulau tetapi lautan itulah yang menghubungkan antara pulau dengan pulau lainnya di wilayah Republik Indonesia sehingga Indonesia dinamakan NKRI yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semua Batas-batas dan hak-hak wilayah Republik indonesia telah diatur dan dijelaskan dalam undang-undang Nomor 43 Tahun 2008. Download teks UU tersebut DISINI

 

Keterangan :
Tanda pada Perubahan atau Amandemen UUD 1945 yakni dengan di beri tanda bintang : * pada BAB, Pasal dan Ayat Seperti :

  • Perubahan Pertama : *)
  • Perubahan Kedua : **)
  • Perbuahan Ketiga : ***)
  • Perubahan Keempat : ****)

About Abu Abdillah

Blogger, Muslim Marketer, Bookworm Cyclist Strong, Computer User, #PedagangMuslim ^__^

Lihat Juga

UUD 1945 amandemen I-IV

Bunyi UUD 1945 Pasal 28D Ayat 1, 2, 3, 4 dan Penjelasannya

Pasal 28D adalah pasal yang mengatur tentang hak manusia dalam hal hukum, pekerjaan, pemerintahan dan …

Tinggalkan Balasan