Home / UUD 1945 / Bunyi UUD 1945 Pasal 22C Ayat 1, 2, 3, 4 dan Penjelasannya
UUD 1945 amandemen I-IV

Bunyi UUD 1945 Pasal 22C Ayat 1, 2, 3, 4 dan Penjelasannya

Undang Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 22C Ayat 1, 2, 3, 4 Tentang Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Pasal 22C menjelaskan tentang Dewan Perwakilan Daerah yaitu bagaimana setiap anggota DPD dipilih untuk menjadi anggota, serta dalam pasal ini berisi jumlah setiap anggota yang dapat diwakilkan oleh setiap provinsi. selain itu dalam pasal 22C menginformasikan jumlah perbandingan anggota DPD dan DPR serta tentang sidang yang dilakukan DPD setiap tahun.

Pasal 22C terdapat dalam UUD 1945 BAB VIIA Tentang Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Dalam masa amandemen UUD 1945 I-IV Bab pada pasal 22C sudah mendapat perubahan sebanyak tiga kali, Sedangkan Keempat ayat pada pasal 22C juga sudah mendapat perubahan, ayat tersebut diantaranya ayat 1 (satu), ayat 2 (dua), ayat 3 (tiga) dan ayat 4 (empat) sudah mendapat tiga kali perubahan.

Pasal 22C yang saya bagikan adalah pasal yang terdapat dalam kitab UUD 1945 yang sudah mengalami masa amandemen ke I, II, III dan IV sehingga dapat digunakan sebagai referensi untuk masa sekarang.

Berikut ini Bunyi UUD 1945 Pasal 22C Ayat 1, 2, 3, 4 Tentang Dewan Perwakilan Daerah

BAB VIIA DEWAN PERWAKILAN DAERAH ***)

Pasal 22C

Ayat 1 ***)
Anggota Dewan Perwakilan Daerah dipilih dari setiap provinsi melalui pemilihan umum.

Ayat 2 ***)
Anggota Dewan Perwakilan Daerah dari setiap provinsi jumlahnya sama dan jumlah seluruh anggota Dewan Perwakilan Daerah itu tidak lebih dari sepertiga jumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Ayat  3 ***)
Dewan Perwakilan Daerah bersidang sedikitnya sekali dalam setahun.

Ayat 4 ***)
Susunan dan Kedudukan Dewan Perwakilan Daerah diatur dengan undang-undang.

Penjelasan Pasal 22C Ayat 1
Pasal 22C ayat 1 menjelaskan bahwa untuk memilih siapa saja yang berhak menduduki jabatan sebagai anggota DPD, maka setiap peserta yang dicalonkan oleh partai politik dari setiap provinsi yang ada di indonesia harus dipilih melalui pemilihan umum (pemilu), setiap provinsi hanya mengikut sertakan 4 orang, tidak kurang dan tidak lebih. Masa jabatan DPD hanya sampai 5 tahun, setelah tiba masanya maka anggota baru akan dipilih kembali melalui pemilihan umum.

Penjelasan Pasal 22C Ayat 2
Pasal 22C ayat 2 menjelaskan bahwa jumlah anggota DPD dari setiap provinsi di indonesia adalah berjumlah sama yakni setiap provinsi mewakilkan 4 orang untuk menjadi anggota DPD. Untuk jumlah seluruh anggota DPD kurang dari 1/3 seluruh jumlah anggota DPR. Misalnya jika seluruh anggota DPR berjumlah 560, maka jumlah DPD kurang dari sepertiganya yaitu hanya 132 saja.

Penjelasan Pasal 22C Ayat 3
Pasal 22C ayat 3 menjelaskan bahwa DPD melakukan persidangan seperti sidang paripurna, sidang bersama, sidang tahunan bersama MPR dan sidang lainnya yang dilakukan DPD paling sedikit atau minimal 1 (satu) kali dalam setahun.

Penjelasan Pasal 22C Ayat 4
Pasal 22C ayat 4 menjelaskan bahwa susunan dan kedudukan DPD semuanya telah diatur dan dijelaskan pada undang-undang yakni pada UU No 17 Tahun 2014. Download Teks UU tersebut DISINI

 

Keterangan :
Tanda pada Perubahan atau Amandemen UUD 1945 yakni dengan di beri tanda bintang : * pada BAB, Pasal dan Ayat Seperti :

  • Perubahan Pertama : *)
  • Perubahan Kedua : **)
  • Perbuahan Ketiga : ***)
  • Perubahan Keempat : ****)

About Abu Abdillah

Blogger, Muslim Marketer, Bookworm Cyclist Strong, Computer User, #PedagangMuslim ^__^

Lihat Juga

UUD 1945 amandemen I-IV

Bunyi UUD 1945 Pasal 7, Pasal 7A dan Penjelasannya

Pasal 7 dan Pasal 7A adalah pasal yang berhubungan dengan pejabat kekuasaan pemerintah negara yaitu …

2 Komentar

  1. ka buat uud lengkap tahun 2018 dong,, soal y masih pemula dan ambigu banget karena uud banyak banget perubahan nya, jd gx tau lagi yang bner di pake tuh yang mana

    • Eka Cahya Gumilar

      UUD yang dipakai itu bukan berdasarkan tahunnya, tapi berdasarkan berapa kali kitab UUD 1945 tersebut sudah mengalami amandemen I-IV. jadi yang kita pakai adalah UUD 1945 yang sudah mengalami amandemen I-IV ya. Dan saya hanya membagikan pasal yang terdapat dalam UUD 1945 yang kitab tersebut sudah mengalami amandemen I-IV sehingga dapat digunakan sebagai referensi untuk masa sekarang.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: