Home / UUD 1945 / Bunyi Pembukaan UUD 1945 dan Penjelasannya

Bunyi Pembukaan UUD 1945 dan Penjelasannya

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 atau biasa disingkat dengan UUD 1945 atau UUD’45 adalah Hukum tertulis untuk mengatur tatanan kehidupan Rakyat Indonesia.

UUD 1945 disahkan pertama kali oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 18 Agustus 1945. sejak kurun waktu 1999-2002 UUD 1945 sudah mendapat perubahan/Amandemen sebanyak 4 (empat) kali, hal ini untuk merubah sistem ketatanegaraan Republik Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Kita sering membaca UUD 1945 setiap hari senin ketika upacara sekolah. mungkin dari kita sendiri belum mengerti bagaimana penjelasan atau makna dari isi setiap alinea dari UUD 1945 yang selalu kita dengar atau baca. maka dari itu kita wajib tahu bunyi dan penjelasan dari Alinea ke 1, 2, 3 dan 4 agar kita bisa memahami dan mengamalkannya karena hal ini sebagai bentuk Nasionalisme dan sebagai salah satu bela negara.

Berikut ini Bunyi dan Penjelasan UUD 1945

Bunyi Pembukaan UUD 1945 Alinea ke 1, 2, 3 dan 4

Alinea Kesatu
Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Alinea Kedua
Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Alinea Ketiga
Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Alinea Ketiga
kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Penjelasan Pembukaan UUD 1945 Alinea 1, 2, 3 dan 4

Alinea kesatu
Bangsa Indonesia berhak untuk merdeka, menjalani kehidupan dengan normal tanpa ada penjajahan karena hal itu bisa merusak tatanan kehidupan aman dan damai, maka penjajahan sudah sepantasnya harus dihapuskan dari dunia kehidupan.

Alinea kedua
Penjajahan sangatlah kejam dan tidak berperikemanusiaan sehingga Rakyat Indonesia berjuang untuk kemerdekaan Indonesia hingga akhirnya Rakyat Indonesia mampu membawa Negara Indonesia merdeka seperti sekarang, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Alinea Ketiga
Perjuangan dan keberhasilan untuk merdeka tidak lepas dari pertolongan Allah Yang Maha Kuasa, jika tidak ada pertolongan darinya serta tanpa ada persatuan dan semangat, Rakyat Indonesia tidak akan berhasil untuk merdeka, sehingga Rakyat Indonesia mampu menyatakan kemerdekaanya dengan penuh semangat.

Alinea Keempat
Setelah menyatakan kemerdekaan, Rakyat Indonesia membuat persatuan dari sabang sampai meraouke yang disebut Negara Indonesia. hal ini bertujuan untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial
Rakyat Indonesia menyusun kemerdekaanya dengan membuat sebuah Undang-Undang Dasar untuk mengatur kehidupan Rakyat Indonesia. Undang-Undang Dasar tersebut tersusun dari berbagai elemen diantaranya yang tertulis di Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

About Abu Abdillah

Semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat :)

Lihat Juga

UUD 1945 amandemen I-IV

Bunyi UUD 1945 Pasal 28D Ayat 1, 2, 3, 4 dan Penjelasannya

Pasal 28D adalah pasal yang mengatur tentang hak manusia dalam hal hukum, pekerjaan, pemerintahan dan …

Tinggalkan Balasan