Home / Bahasa Indonesia / 5 Contoh Kalimat Pembuka Pidato

5 Contoh Kalimat Pembuka Pidato

Pidato adalah cara seseorang untuk menyampaikan ungkapan pikirannya kepada orang banyak, tujuannya agar orang-orang dapat mengetahui pendapatnya atau mengetahui suatu hal yang mau disampaikan olehnya.

Pidato biasanya dilakukan dipanggung atau tempat yang dapat menjadi perhatian orang. Kamu tahu kan, pidato itu membutuhkan suatu keberanian, karena seorang yang berpidato dituntut untuk dapat berbicara didepan banyak orang untuk menyampaikan pendapat atau info suatu hal. Banyak seseorang jika ingin berpidato ia pun merasa bingung bagaimana untuk memulai atau membuka pidato yang ingin ia sampaikan kepada orang banyak.

Maka dari itu saya akan memberikan anda contoh atau gambaran kalimat pembuka pidato sehingga kamu bisa mengerti bagaimana untuk membuka pidato yang akan disampaikan.

5 Contoh Kalimat Pembuka Pidato

1. Mengawali Pidato dengan pengucapan rasa syukur

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh

  • Penghormatan kepada hadirin yang datang.

Terlebih dahulu, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Penyayang yang telah menganugerahkan berbagai kenikmatan kepada kita, terlihat dengan kesehatan, kesempatan, dan kebahagiaan yang kita rasakan hari ini. Tanpa kemurahan-Nya, mustahil semua ini dapat kita nikmati. Kedua, Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memperjuangkan Islam dan menuntun kita pada jalan yang diRidhai Allah SWT. Selanjutnya, perkenankan pada kesempatan yang berbahagia ini, kami memberi sambutan mewakili rekan-rekan wisudawan, baik Program Sarjana Strata 1 maupun Program Pascasarjana Strata 2. Selanjutnya, …….

(isi pidato)

2. Mengawali Pidato dengan Memperkenalkan diri terlebih dahulu

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Pagi para akademis yang saya banggakan.

Baik, sebelum kita masuk dalam motivation training pagi ini, izinkan saya untuk akan memperkenalkan diri terlebih dahulu.Karena ada pepatah yang pernah berkata bahwa: “Tak kenal maka tak sayang”. Baik, perkenalkan nama saya Reza Danur praja, saya biasa dipanggil Reza, saya lahir di Malingping, Lebak Banten pada tanggal 17 Januari 1991. Saya adalah putra pertama dari tiga bersaudara.

Saat ini saya aktif sebagai tentor muda di “Motivation Training Of 7 Habbit Of Highly Teens. Prestasi yang pernah saya raih, diantaranya adalah menjadi lulusan terbaik ketika di SMP dan SMA di kota kelahiran dan masih banyak yang lain. Baiklah, dengan perkenalan singkat ini semoga bisa memberikan suntIkan semangat untuk kawan-kawan semua dalam pembahasan training pagi ini…..

(isi pidato)

3. Mengawali dengan memberikan Ilustrasi atau gambaran pada pembukaan pidato

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  • Memberi penghormatan kepada hadirin yang datang
  • Pengucapan Rasa Syukur

Baik saudara, sebelum saya menjelaskan berbagai hal penyebab dan cara mengatasi bahaya Nyamuk, saya akan memberikan contoh ilustrasi sebagai berikut: Di sebuah rumah yang cukup besar dan bagus, ada anak-anak menyelenggarakan sebuah pesta, pesta itu amat meriah. Banyak yang hadir, dan semuanya berpakaian bagus. Hidangan beraneka ragam, enak-enak dan banyak. Musik selalu mengalun dengan lagu-lagu gembira.

Sementara itu sebagian lampu diatur kerlap-kerlip sesuai dengan dekorasi yang indah. Sayang pesta yang meriah itu terganggu. Nyamuk berseliweran mencari kesempatan untuk menggigit. Peserta pesta sibuk mengusir nyamuk, seperi yang kita tahu nyamuk memang merupakan jenis hewan yang mengganggu aktivitas kita. Selain mengganggu kenyamanan, nyamuk juga mengancam kesehatan manusia. Nyamuk yang menyebarkan penyakit adalah….

(Isi Pidato)

4. Mengawali dengan menyebutkan fakta pendengar

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  • Memberi penghormatan kepada hadirin yang datang
  • Pengucapan Rasa Syukur

Sebelumnya, saya ingin mengucap Alhamdulillah. “Kami tidak menyangka bahwa kawan-kawan yang datang ke sekolah kami sebanyak ini. Semula kami memperkirakan yang hadir sekitar dua bus, yaitu pemain Bola Basket dan sejumlah suporter. Namun ternyata dugaan saya keliru, yang datang tidak hanya dua bus, tetapi lima bus. Banyaknya teman-teman yang datang, menunjukkan adanya perhatian besar terhadap undangan kami dan sekaligus menunjukkan niat yang nyata untuk menjalin persahabatan. Terima kasih dan selamat datang di sekolah kami….

(isi pidato)

5. Mengawali dengan memberikan humor

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  • Memberi penghormatan kepada hadirin yang datang
  • Pengucapan Rasa Syukur

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang berwirausaha, sebagai pengantar saya memiliki sebuah cerita: “Tetangga saya yang berdagang daging dan telur tubuhnya gemuk sekali.

Suatu hari saya bertanya kepadanya, “Kau gemuk kebanyakan makan telur dan daging ya?” dia menjawab,”tidak, saya gemuk karena berdagang telur dan daging kok”. Hehehehe.. Dalam hal ini dapat kita ambil contoh bahwa berdagang itu memang kegiatan yang mengasyikkan. Berdagang dapat dilakukan……

(isi pidato)

Referensi Jejak :
Puspitasari, Dian. “lima macam pembuka pidato”. https://www.academia.edu/4931647/Lima_macam_pembukaan_pidato.

About Abu Abdillah

Blogger, Muslim Marketer, Bookworm Cyclist Strong, Computer User, #PedagangMuslim ^__^

Lihat Juga

Pengertian Sinonim, Antonim, Contohnya & Bank Kata Sinonim Antonim Lengkap

Dalam pelajaran bahasa indonesia, Seorang siswa disuruh guru untuk menuliskan dan menyamakan dari sisi makna …

Tinggalkan Balasan